Artikel dan UlasanOtomotifRagam

Teknologi Keselamatan Terbaru dalam SUV: Apa Saja Fiturnya?

×

Teknologi Keselamatan Terbaru dalam SUV: Apa Saja Fiturnya?

Sebarkan artikel ini
Teknologi Keselamatan Terbaru dalam SUV
Teknologi Keselamatan Terbaru dalam SUV (Foto: Dok Pixabay)

Di era modern ini, keselamatan menjadi prioritas utama dalam desain dan pembuatan kendaraan, terutama untuk Mobil SUV (Sport Utility Vehicle). Dengan kemajuan teknologi, produsen mobil terus mengembangkan fitur keselamatan yang lebih canggih untuk melindungi penumpang dan pengemudi. Berikut ini adalah beberapa fitur keselamatan terbaru yang dapat Anda temukan dalam SUV modern:

Sistem Pengereman Darurat Otomatis (Automatic Emergency Braking – AEB)

Sistem ini menggunakan sensor dan kamera untuk mendeteksi potensi tabrakan dengan kendaraan atau objek lain di depan mobil. Jika pengemudi tidak merespons dengan cepat, sistem akan mengaktifkan rem secara otomatis untuk mencegah atau mengurangi dampak kecelakaan.

Deteksi Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda

Fitur ini memanfaatkan teknologi sensor dan kamera untuk mengidentifikasi pejalan kaki dan pengendara sepeda di sekitar mobil. Sistem akan memberikan peringatan kepada pengemudi dan, jika diperlukan, akan mengaktifkan rem untuk menghindari kecelakaan.

Honda SENSING

Sebagai contoh spesifik, Honda telah mengembangkan paket teknologi keselamatan yang disebut Honda SENSING, yang mencakup fitur seperti Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow (ACC with LSF), Lane Keeping Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB). Fitur-fitur ini bekerja bersama untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman.

Kontrol Stabilitas dan Kontrol Traksi

Fitur ini membantu menjaga kendali mobil saat berada di jalan licin atau saat melakukan manuver mendadak. Sistem ini akan menyesuaikan tenaga mesin dan pengereman pada roda tertentu untuk membantu menghindari selip atau tergelincir.

Kamera dan Sensor Parkir

Untuk membantu pengemudi saat parkir atau bergerak di ruang yang sempit, kamera dan sensor parkir memberikan pandangan yang lebih baik tentang lingkungan sekitar mobil. Ini sangat berguna untuk mencegah tabrakan dengan objek yang mungkin tidak terlihat dari dalam kabin.

Baca Juga:
Inspirasi Modifikasi Mobil: Ubah Penampilanmu dengan Gaya Baru

Teknologi keselamatan dalam SUV terus berkembang, dan fitur-fitur baru terus ditambahkan untuk meningkatkan keamanan di jalan. Dengan adanya inovasi ini, pengemudi dan penumpang dapat merasa lebih aman saat berkendara.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat tentang fitur keselamatan terbaru dalam SUV. Terimakasih.