Artikel dan UlasanBeritaDestinasiRagam

Mudik Lebaran: 6 Tips Meninggalkan Rumah dengan Aman

×

Mudik Lebaran: 6 Tips Meninggalkan Rumah dengan Aman

Sebarkan artikel ini
Tips Meninggalkan Rumah dengan Aman
Tips Meninggalkan Rumah dengan Aman

Lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang untuk pulang kampung atau mudik. Namun, meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama tentu membuat kita khawatir tentang keamanan rumah. Berikut adalah enam tips yang dapat membantu Anda meninggalkan rumah dengan aman saat mudik Lebaran.

1. Pastikan Semua Pintu dan Jendela Terkunci

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan semua pintu dan jendela terkunci dengan baik. Jangan lupa untuk memeriksa pintu dan jendela di lantai atas dan ruang bawah tanah jika ada. Jika perlu, tambahkan pengaman tambahan seperti gembok atau pengunci jendela. Pengamanan fisik ini adalah langkah pertama dan paling dasar dalam menjaga keamanan rumah Anda.

2. Matikan Aliran Listrik dan Air

Untuk mencegah kebocoran gas atau korsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran, matikan aliran listrik dan air di rumah Anda. Jangan lupa untuk mencabut semua perangkat elektronik dari stopkontak. Langkah ini tidak hanya menjaga keamanan rumah Anda, tetapi juga membantu menghemat energi dan biaya utilitas selama Anda tidak ada di rumah.

3. Kosongkan Kulkas

Buang makanan yang bisa membusuk dan bersihkan kulkas Anda sebelum pergi. Makanan yang membusuk bisa menimbulkan bau tidak sedap dan menarik hama. Selain itu, dengan mengosongkan kulkas, Anda juga bisa menghemat energi dan mengurangi risiko kerusakan pada kulkas Anda.

4. Informasikan Keberangkatan Anda kepada Tetangga atau Security

Beritahu tetangga atau security bahwa Anda akan mudik. Mereka bisa membantu memantau rumah Anda selama Anda tidak ada. Jika memungkinkan, berikan nomor telepon yang bisa dihubungi jika ada keadaan darurat. Komunikasi yang baik dengan tetangga dan security dapat memberikan lapisan tambahan perlindungan untuk rumah Anda.

Baca Juga:
Brimob Polda Lampung Amankan Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni. 

5. Gunakan Lampu Timer

Gunakan lampu timer untuk menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis pada waktu tertentu. Hal ini bisa membuat rumah Anda tampak dihuni, sehingga mencegah aksi pencurian. Lampu timer adalah alat yang efektif dan ekonomis untuk membuat ilusi bahwa rumah Anda masih dihuni.

6. Pasang CCTV

Salah satu cara terbaik untuk memantau rumah Anda saat Anda tidak ada adalah dengan memasang sistem CCTV. Dengan CCTV, Anda bisa memantau kondisi rumah Anda secara real-time melalui smartphone atau komputer. Pastikan untuk memasang CCTV di titik-titik strategis seperti pintu masuk, jendela, dan area lain yang mungkin bisa diakses oleh pencuri.

Dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, mudik Lebaran Anda akan menjadi lebih tenang dan menyenangkan. Selamat mudik dan selamat Lebaran!