Artikel dan UlasanPeristiwaRagam

Bersatu dalam Perbedaan: Pesan Sumpah Pemuda yang Tetap Relevan Hingga Kini

×

Bersatu dalam Perbedaan: Pesan Sumpah Pemuda yang Tetap Relevan Hingga Kini

Sebarkan artikel ini
Bersatu dalam Perbedaan
Ilustrasi (istockphoto)

TITIK2.COM – Membahas tentang sebuah pesan yang sangat penting dan relevan hingga saat ini, yaitu “Bersatu dalam Perbedaan”. Pesan ini terkandung dalam Sumpah Pemuda, sebuah pernyataan penting yang diucapkan oleh para pemuda Indonesia pada tahun 1928.

Sumpah Pemuda menjadi tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia. Pada masa itu, Indonesia masih berada di bawah penjajahan Belanda. Para pemuda yang tergabung dalam organisasi pemuda seperti Budi Utomo, Jong Java, Jong Sumatera dan organisai pemuda lainnya merasa perlu untuk bersatu dan mengatasi perbedaan-perbedaan yang ada di antara mereka demi mencapai kemerdekaan.

Perbedaan-perbedaan tersebut bisa dilihat dari latar belakang suku, agama, budaya, dan bahasa yang berbeda-beda. Namun, para pemuda pada masa itu menyadari bahwa untuk mencapai tujuan yang lebih besar, mereka harus saling menghargai dan bersatu dalam perbedaan.

Pesan “Bersatu dalam Perbedaan” yang terkandung dalam Sumpah Pemuda ini memiliki makna yang sangat dalam. Makna ini tetap relevan hingga kini, di tengah kondisi sosial dan politik yang terus berkembang. Kita hidup di era modern yang penuh dengan perbedaan, baik itu perbedaan suku, agama, ras, budaya, maupun pandangan politik.

Namun, perbedaan bukanlah hal yang harus memecah belah kita sebagai bangsa. Justru, perbedaan harus menjadi kekuatan bagi kita untuk saling melengkapi dan membangun negara yang lebih baik. Dalam perbedaan itulah kita bisa belajar satu sama lain, memahami perspektif yang berbeda, dan mencapai solusi yang lebih baik.

Salah satu contoh konkret dari konsep “Bersatu dalam Perbedaan” adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang merupakan moto nasional Indonesia. Moto ini menggambarkan bahwa meskipun kita memiliki perbedaan, kita tetap satu sebagai bangsa Indonesia. Kita bisa hidup berdampingan dengan damai dan saling menghormati satu sama lain.

Baca Juga:
Presiden Joko Widodo Saksikan Defile Pasukan dan Pawai Alutsista TNI

Selain itu, pesan “Bersatu dalam Perbedaan” juga penting dalam membangun kerukunan antarumat beragama. Di Indonesia, kita memiliki berbagai agama yang dianut oleh masyarakatnya. Agama-agama tersebut memiliki keyakinan dan praktik yang berbeda-beda. Namun, kita harus mampu hidup berdampingan dengan damai, menghormati kebebasan beragama, dan menjaga kerukunan antarumat beragama.

Pesan ini juga relevan dalam konteks politik. Di era demokrasi, kita sering kali memiliki pandangan politik yang berbeda. Terkadang perbedaan ini bisa menyebabkan konflik dan perpecahan di antara kita. Namun, jika kita mampu bersatu dalam perbedaan, kita dapat membangun negara yang lebih kuat dan maju.

Tidak hanya dalam skala nasional, pesan “Bersatu dalam Perbedaan” juga penting dalam konteks global. Kita hidup di dunia yang semakin terhubung dan saling bergantung satu sama lain. Negara-negara dengan berbagai latar belakang suku, agama, dan budaya harus mampu bekerja sama dan saling menghormati untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, kemiskinan, dan konflik internasional.

Dalam menjalankan pesan “Bersatu dalam Perbedaan”, kita harus memiliki sikap terbuka dan inklusif. Kita harus mampu mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain, meskipun berbeda dengan yang kita yakini. Kita juga harus mampu memahami bahwa perbedaan adalah hal yang alami dan tidak perlu menjadi sumber konflik.

Faktor pendidikan juga memegang peran penting dalam mewujudkan pesan “Bersatu dalam Perbedaan”. Melalui pendidikan, kita dapat mengajarkan nilai-nilai toleransi, kerukunan, dan penghormatan terhadap perbedaan kepada generasi muda. Dengan demikian, mereka akan tumbuh menjadi pemimpin masa depan yang mampu membangun bangsa ini dengan penuh keberagaman.

Dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks di era modern ini, pesan “Bersatu dalam Perbedaan” menjadi semakin relevan. Kita harus mampu melihat perbedaan sebagai kekayaan dan kekuatan, bukan sebagai ancaman. Hanya dengan bersatu dalam perbedaan, kita dapat mencapai tujuan bersama sebagai bangsa Indonesia dan juga sebagai warga dunia yang hidup dalam keragaman.

Baca Juga:
Inilah Manfaat Ikan Nila untuk Mencegah Kanker, Ternyata Kaya Selenium!

Jadi, mari kita terus mengingat pesan Sumpah Pemuda dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita bersatu dalam perbedaan, menghormati satu sama lain, dan membangun negara yang lebih baik. Bersama, kita bisa menciptakan masa depan yang cerah dan harmonis bagi generasi mendatang. Bersatu dalam perbedaan, Indonesia maju! “Selamat Hari Sumpah Pemuda 2023”