Artikel dan UlasanOtomotifRagam

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Servis Berkala Mobil Anda

×

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Servis Berkala Mobil Anda

Sebarkan artikel ini
Melakukan Servis Berkala Mobil
Teknisi Mobil Wanita (Pixabay)

Servis berkala mobil adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Servis berkala mobil bertujuan untuk menjaga kondisi dan performa mobil agar tetap optimal dan aman. Namun, sebelum melakukan servis berkala mobil, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar servis berjalan lancar dan sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Berikut ini adalah lima hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan servis berkala mobil Anda:

Jadwal Servis Berkala Mobil

Setiap mobil memiliki jadwal servis berkala yang berbeda-beda, tergantung pada merek, model, tahun pembuatan, dan jenis oli yang digunakan. Umumnya, jadwal servis berkala mobil adalah setiap 5.000 km atau 10.000 km sekali, atau setiap 3-6 bulan sekali. Namun, ada juga mobil yang membutuhkan servis berkala lebih sering, seperti setiap 1.000 km atau 2.000 km sekali, atau setiap 1-2 bulan sekali. Anda harus mengetahui jadwal servis berkala mobil Anda dengan baik dan tidak melewatinya.

Anda bisa melihat jadwal servis berkala mobil Anda di buku manual mobil atau buku servis mobil yang diberikan oleh dealer saat Anda membeli mobil.

Bengkel Resmi atau Bengkel Biasa

Anda bisa memilih untuk melakukan servis berkala mobil Anda di bengkel resmi atau bengkel biasa. Bengkel resmi adalah bengkel yang bekerja sama dengan pabrikan mobil dan memiliki sertifikat resmi. Bengkel resmi biasanya memiliki fasilitas, peralatan, dan tenaga ahli yang lebih lengkap dan profesional. Bengkel resmi juga menjamin kualitas dan keaslian suku cadang yang digunakan untuk servis berkala mobil Anda. Namun, bengkel resmi biasanya memiliki biaya servis yang lebih mahal dan antrian yang lebih panjang.

Bengkel biasa adalah bengkel yang tidak bekerja sama dengan pabrikan mobil dan tidak memiliki sertifikat resmi. Bengkel biasa biasanya memiliki fasilitas, peralatan, dan tenaga ahli yang lebih sederhana dan kurang profesional. Bengkel biasa juga tidak menjamin kualitas dan keaslian suku cadang yang digunakan untuk servis berkala mobil Anda. Namun, bengkel biasa biasanya memiliki biaya servis yang lebih murah dan antrian yang lebih pendek.

Baca Juga:
Danrem 043/Gatam Ucapkan Selamat Datang Dan Selamat Bertugas Kepala Perwakilan BI Di Provinsi Lampung

Anda harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan bengkel sebelum melakukan servis berkala mobil Anda.

Komponen Mobil yang Harus Diservis

Setiap periode servis berkala mobil, ada beberapa komponen mobil yang harus diservis. Komponen mobil yang harus diservis berkala antara lain adalah oli mesin, filter oli, busi, filter udara, filter AC, kanvas rem, oli transmisi, saringan bensin, dan lain-lain. Anda harus mengetahui komponen mobil yang harus diservis berkala sesuai dengan jadwal servis mobil Anda.

Anda juga harus mengecek kondisi komponen mobil tersebut sebelum melakukan servis berkala mobil Anda. Jika Anda menemukan adanya kerusakan, keausan, atau kebocoran pada komponen mobil tersebut, Anda harus segera menggantinya dengan suku cadang yang baru dan asli.

Biaya Servis Berkala Mobil

Biaya servis berkala mobil adalah salah satu hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan servis berkala mobil Anda. Biaya servis berkala mobil tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis mobil, jenis oli, jenis suku cadang, jenis bengkel, dan jenis pekerjaan yang dilakukan. Anda harus mengetahui estimasi biaya servis berkala mobil Anda dengan baik dan menyiapkan anggaran yang cukup.

Anda juga harus membandingkan biaya servis berkala mobil di beberapa bengkel yang berbeda untuk mendapatkan harga yang terbaik. Anda harus berhati-hati dengan bengkel yang menawarkan biaya servis berkala mobil yang terlalu murah atau terlalu mahal, karena bisa jadi ada kualitas yang dikorbankan atau ada biaya tambahan yang tidak perlu.

Garansi Mobil

Garansi mobil adalah salah satu hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan servis berkala mobil Anda. Garansi mobil adalah jaminan dari pabrikan mobil atau dealer mobil bahwa mobil Anda akan diperbaiki atau diganti secara gratis jika mengalami kerusakan atau kecacatan dalam kurun waktu tertentu. Umumnya, garansi mobil berlaku selama 3-5 tahun atau 100.000 km, tergantung pada merek dan model mobil. Anda harus mengetahui masa berlaku dan syarat-syarat garansi mobil Anda dengan baik.

Baca Juga:
Link Twibbon Tahun Baru 2024 dan Ucapannya, Buat Profil Sosial Media Makin Menarik

Anda juga harus melakukan servis berkala mobil Anda sesuai dengan ketentuan garansi mobil Anda. Jika Anda melanggar ketentuan garansi mobil Anda, seperti tidak melakukan servis berkala mobil di bengkel resmi, menggunakan oli atau suku cadang yang tidak sesuai, atau melakukan modifikasi pada mobil, maka garansi mobil Anda bisa hangus dan tidak berlaku lagi.

Demikian artikel yang saya buat dengan judul 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Servis Berkala Mobil Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda. Terima kasih.