TeknologiEkonomi & Bisnis

10 Manfaat Google Business yang Menguntungkan Bagi Pebisnis

titik2.com
×

10 Manfaat Google Business yang Menguntungkan Bagi Pebisnis

Share this article
Google Business
10 Manfaat Google Business yang Menguntungkan Bagi Pebisnis (iStockphoto.com)

Google Business (dahulu dikenal sebagai Google Places dan Google+ Local) adalah platform yang disediakan oleh Google untuk membantu pemilik bisnis lokal memperluas jangkauan mereka secara online. Dengan mendaftar dan mengoptimalkan profil bisnis mereka di Google Business, pebisnis dapat memanfaatkan berbagai manfaat yang dapat meningkatkan visibilitas, reputasi, dan keterlibatan pelanggan mereka secara lokal.

10 Manfaat Google Business Bagi Pebisnis

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi 10 manfaat utama dari Google Business yang dapat menguntungkan bagi pebisnis.

1. Meningkatkan Visibilitas Online

Dengan mendaftar bisnis Anda di Google Business, Anda memiliki kesempatan untuk muncul di hasil pencarian lokal dan peta Google. Ini membantu meningkatkan visibilitas online Anda, membuat lebih banyak orang menemukan dan menghubungi bisnis Anda saat mereka mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

2. Memperkuat Kepercayaan Pelanggan

Profil bisnis yang terverifikasi dan dioptimalkan dengan baik di Google Business memberikan kesan profesional dan tepercaya kepada pelanggan potensial. Ulasan positif, informasi kontak yang akurat, dan foto-foto bisnis yang menarik dapat membantu membangun kepercayaan pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan transaksi dengan bisnis Anda.

3. Meningkatkan Interaksi Pelanggan

Google Business tidak hanya memberikan informasi tentang bisnis Anda, tetapi juga memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan Anda secara langsung. Pelanggan dapat mengirimkan pertanyaan, menulis ulasan, dan bahkan memesan layanan atau membuat janji temu melalui profil bisnis Anda di Google.

4. Optimasi Peta dan Navigasi

Dengan informasi alamat dan lokasi yang tepat di Google Business, pelanggan dapat dengan mudah menemukan lokasi fisik bisnis Anda melalui Google Maps. Ini sangat berguna untuk bisnis yang memiliki toko fisik atau kantor yang ingin memudahkan pelanggan dalam menemukan lokasi mereka.

Baca juga:
Dari Ide ke Prototipe: Proses Desain Aplikasi Mobile yang Efektif

5. Meningkatkan Lalu Lintas ke Situs Web Anda

Google Business tidak hanya memberikan informasi dasar tentang bisnis Anda, tetapi juga dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web atau halaman media sosial Anda. Dengan menambahkan tautan ke situs web Anda di profil bisnis Anda, Anda dapat meningkatkan lalu lintas organik ke situs web Anda dan menghasilkan potensi konversi lebih lanjut.

6. Analisis Kinerja Bisnis

Google Business menyediakan fitur analisis yang memungkinkan Anda melacak kinerja profil bisnis Anda. Anda dapat melihat jumlah kali profil bisnis Anda ditampilkan dalam hasil pencarian, interaksi pengguna dengan profil Anda, dan berbagai metrik lainnya yang membantu Anda memahami seberapa efektif profil bisnis Anda dalam menarik dan mengkonversi pelanggan.

7. Peningkatan SEO Lokal

Mendaftar di Google Business adalah salah satu langkah penting dalam strategi SEO lokal Anda. Dengan memiliki profil bisnis yang terverifikasi dan dioptimalkan dengan baik, Anda dapat meningkatkan kemungkinan muncul dalam hasil pencarian lokal, yang dapat membantu menarik pelanggan potensial yang berada di wilayah geografis Anda.

8. Pengelolaan Informasi Bisnis yang Konsisten

Google Business memungkinkan Anda untuk dengan mudah memperbarui informasi bisnis Anda, seperti jam buka, nomor telepon, dan alamat. Ini memastikan bahwa informasi yang dilihat oleh pelanggan potensial selalu akurat dan terkini, membantu menghindari kebingungan atau ketidaknyamanan yang dapat disebabkan oleh informasi yang kadaluwarsa.

9. Promosi Produk dan Layanan

Melalui Google Business, Anda dapat mempromosikan produk dan layanan Anda secara langsung kepada pelanggan potensial. Anda dapat menambahkan gambar, deskripsi, dan penawaran khusus untuk menarik perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian atau kunjungan ke bisnis Anda.

Baca juga:
Keamanan Siber untuk Pemula: Panduan Dasar Melindungi Data Anda

10. Biaya Efektif

Salah satu keuntungan utama dari Google Business adalah bahwa ini adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google. Dengan mendaftar dan mengoptimalkan profil bisnis Anda di Google Business, Anda dapat mengakses berbagai fitur dan manfaat tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Kesimpulan

Google Business adalah alat yang sangat berguna bagi pebisnis lokal untuk meningkatkan visibilitas online, membangun reputasi, dan berinteraksi dengan pelanggan mereka secara lebih efektif. Dengan memanfaatkan berbagai fitur dan manfaat yang ditawarkan oleh Google Business, pebisnis dapat memperkuat kehadiran online mereka dan mencapai kesuksesan dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif.

(*/Dela)