Otomotif

10 Kesalahan Umum Merawat Mobil yang Harus Dihindari

titik2.com
×

10 Kesalahan Umum Merawat Mobil yang Harus Dihindari

Share this article
Merawat Mobil
Ilustrasi (iStockphoto.com)

Merawat mobil adalah suatu keharusan bagi setiap pemilik kendaraan bermotor. Perawatan yang baik akan memperpanjang umur mobil dan mengurangi risiko kerusakan yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi. Namun, seringkali pemilik mobil melakukan kesalahan dalam merawat kendaraannya tanpa mereka sadari.

10 Kesalahan Umum Merawat Mobil

Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 kesalahan umum dalam merawat mobil yang harus dihindari.

1. Tidak Melakukan Perawatan Rutin

Kesalahan paling umum yang sering dilakukan oleh pemilik mobil adalah tidak melakukan perawatan rutin secara teratur. Perawatan rutin, seperti pergantian oli, filter udara, dan cairan pendingin, sangat penting untuk menjaga performa dan keandalan mobil Anda. Mengabaikan perawatan rutin dapat menyebabkan kerusakan mesin yang serius dan mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi.

2. Mengabaikan Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan adalah salah satu komponen vital dalam sebuah mobil, namun seringkali diabaikan oleh pemilik. Kabel yang aus atau kendor, baterai yang lemah, atau sistem pengisian yang buruk dapat menyebabkan masalah mulai dari mobil sulit dihidupkan hingga kerusakan pada komponen elektronik. Memeriksa dan merawat sistem kelistrikan secara teratur akan membantu mencegah masalah yang lebih serius di kemudian hari.

3. Tidak Merawat Sistem Pendingin dengan Baik

Sistem pendingin yang baik sangat penting untuk mencegah mesin dari overheat. Mengabaikan perawatan pada sistem pendingin, seperti tidak mengganti cairan pendingin secara teratur atau membiarkan radiator tersumbat oleh kotoran, dapat menyebabkan mesin overheating yang dapat merusak komponen mesin secara permanen.

4. Menggunakan Oli yang Salah atau Tidak Mengganti Oli Secara Rutin

Oli mesin adalah darah bagi mesin mobil. Menggunakan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik atau tidak mengganti oli secara rutin dapat menyebabkan gesekan berlebihan pada komponen mesin dan mempercepat keausan. Pastikan untuk menggunakan jenis dan viskositas oli yang direkomendasikan oleh pabrikan dan menggantinya sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Baca juga:
Cara Untuk Mengatasi Masalah Karat pada Komponen Mobil

5. Menginjak Rem Terlalu Keras

Menginjak rem terlalu keras secara berulang kali dapat menyebabkan keausan berlebihan pada sistem pengereman, termasuk piringan dan kampas rem. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat mengurangi umur pakai ban dan meningkatkan risiko kecelakaan. Cobalah untuk menginjak rem dengan lembut dan mengantisipasi perhentian dengan lebih baik untuk mengurangi tekanan pada sistem pengereman.

6. Menunda Pergantian Ban yang Usang

Ban yang aus atau kempis dapat mengurangi traksi dan mengurangi kemampuan pengendalian mobil, terutama dalam kondisi jalan basah atau licin. Menunda pergantian ban yang usang juga dapat meningkatkan risiko ban pecah saat digunakan, yang dapat menyebabkan kecelakaan serius. Pastikan untuk memeriksa kondisi ban secara berkala dan menggantinya sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

7. Tidak Merawat Sistem Transmisi

Sistem transmisi adalah salah satu komponen mobil yang sering diabaikan, padahal sangat penting untuk kinerja dan keandalan kendaraan. Tidak mengganti cairan transmisi secara teratur atau mengabaikan perbaikan pada sistem transmisi yang mengalami masalah dapat menyebabkan kerusakan yang serius dan mahal untuk diperbaiki. Pastikan untuk merawat sistem transmisi dengan baik sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

8. Mengabaikan Perawatan Sistem Suspensi

Sistem suspensi tidak hanya mempengaruhi kenyamanan berkendara, tetapi juga pengendalian dan kestabilan mobil. Mengabaikan perawatan pada sistem suspensi, seperti tidak mengganti shockbreaker yang aus atau tidak memeriksa keausan pada komponen suspensi lainnya, dapat menyebabkan mobil menjadi tidak nyaman dikendarai dan meningkatkan risiko kecelakaan.

9. Membiarkan Interior Mobil Kotor dan Berantakan

Merawat eksterior mobil saja tidak cukup, menjaga kebersihan interior mobil juga penting untuk kenyamanan dan nilai jual mobil. Membiarkan interior mobil kotor dan berantakan tidak hanya membuat pengalaman berkendara tidak nyaman, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada bahan interior seperti kursi dan dashboard. Luangkan waktu untuk membersihkan dan merawat interior mobil secara teratur.

Baca juga:
Panduan Pemilik Kendaraan: Memeriksa dan Mengganti Filter Udara

10. Tidak Memeriksa Lampu dan Sistem Pencahayaan

Lampu dan sistem pencahayaan adalah salah satu fitur keamanan yang paling penting dalam sebuah mobil. Tidak memeriksa dan memastikan semua lampu berfungsi dengan baik dapat meningkatkan risiko kecelakaan, terutama saat berkendara di malam hari atau kondisi cuaca buruk. Pastikan untuk memeriksa lampu depan, belakang, dan lampu sein secara teratur, dan menggantinya jika diperlukan.

Kesimpulan

Merawat mobil dengan baik adalah investasi untuk masa depan kendaraan Anda. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum dalam perawatan mobil seperti yang telah dibahas di atas, Anda dapat memastikan mobil Anda tetap dalam kondisi yang baik dan terhindar dari kerusakan yang tidak perlu. Selalu perhatikan perawatan rutin dan lakukan pemeriksaan secara teratur untuk menjaga mobil Anda dalam kondisi prima dan aman untuk dikendarai.

(*/Jacki)